Tatalogam Hadirkan Nexgen, Bahan Bangunan Berkualitas di Indo Build Tech 2024

Siapa sih yang enggak kepengen punya rumah sendiri? Saya rasa siapapun pasti menginginkannya. Selain karena bisa digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat istirahat, memiliki rumah sendiri juga berarti mempersiapkan masa tua. Tak bisa dipungkiri, setiap tahun harga properti semakin meningkat. Seiring bertambahnya populasi penduduk manusia yang menyebabkan peluang memiliki hunian menjadi lebih sulit, maka kesadaran dalam memenuhi kebutuhan papan menjadi hal penting. 

Sebagai persiapan untuk membeli dan memiliki rumah sendiri suatu hari nanti, saya pun berkunjung ke Indonesian Building Technology Expo (Indo Build Tech Expo) pada Jumat, 9 Agustus 2024 di ICE BSD, Tangerang. Saya memang belum tahu kapan saya bisa memiliki rumah sendiri. Namun setidaknya melalui pameran bahan bangunan, arsitektur dan interior terbesar di Indonesia ini, saya bisa mendapatkan berbagai insight dan pengetahuan seputar bahan bangunan yang bagus untuk tempat tinggal.

Dari berbagai stand yang tersedia, stand PT Tatalogam Lestari (Tatalogam Group) yang terletak di Hall 6 menjadi salah satu stand yang menarik perhatian saya di Indo Build Tech Expo 2024. Tatalogam sendiri adalah industri yang bergerak di bidang baja metal dan genteng ringan yang telah berdiri sejak 1994. 

Tatalogam
Stand Tatalogam di Indo Build Tech 2024 (dokpri)

Sebagai industri yang berpengalaman dalam menciptakan bahan bangunan berkualitas, baru-baru ini Tatalogam meluncurkan lini produk terbaru bernama Nexgen. Nexgen sendiri adalah kumpulan produk material bangunan yang diproduksi dengan teknologi masa mendatang alias next generation technology. Tidak hanya berasal dari Jepang, teknologi pembuatan Nexgen juga berasal dari Italia, Australia dan Selandia Baru. Teknologi-teknologi mutakhir ini dibawa ke Indonesia sehingga dapat melahirkan logam berkualitas karya Tata Metal Lestari seperti Nexalum dan Nexium. 

Salah satu contoh produk Nexgen Tatalogam (dokpri)

Sesuai namanya, Nexgen didesain untuk dapat memenuhi kebutuhan generasi muda terutama gen Z dan gen alfa. Salah satu contoh line up produknya adalah Domus Fastrack. Dibandingkan baja konvensional, rangka baja ini terbilang lebih ringan sehingga dapat diangkat dengan tenaga manusia. Selain itu, pemasangannya yang cepat dan sederhana membuat produk ini dapat dibongkar dan digunakan kembali sesuai kebutuhan. 

nexgen-tatalogam
Nexgen (dokpri)

Terbuat dari bahan material Nexalume dengan masa pelapisan AS 100 dan kelas G550, Domus Fastrack memiliki kelebihan lainnya berupa adanya struktur modular dengan presisi yang tinggi dan rapi. Produk ini juga terbuat dari alumunium/seng atau baja lapis galvanis yang mempunyai perlindungan korosi yang sangat baik bahkan hingga kebih dari 10 tahun sehingga membuat produsen tak perlu khawatir soal daya tahannya.

Selain Domus Fastrack, ada pula Purlin. Dengan bahan baku Nexalume G 450 - G 550, purlin hadir sebagai solusi bagi siapapun yang butuh rangka baja Hi-ten tahan karat yang kokoh sebagai pengganti CNP konvensional. 

Bapak Harsono Mintono selaku General Manager PT. Tatalogam Lestari menjelaskan bahwa Purlin biasa digunakan untuk membangun gudang, coffee shop, kafe dan bangunan besar. Kelebihan produk ini terletak pada daya tahannya yang lama sehingga anti korosi sehingga tidak perlu dicat lagi dan dapat langsung digunakan.

Bapak Harsono Mintono, General Manager PT Tatalogam Lestari (dokpri)

Di stand Tatalogam, kita tak hanya dapat menambah ilmu pengetahuan seputar bahan bangunan saja. Mampir ke sana juga makin seru karena kita bisa memotret dan mencetak foto secara gratis. Sebagai orang yang suka berfoto, tentu kesempatan ini tak saya sia-siakan begitu saja. 

Tatalogam
Hasil foto di stand Tatalogam di Indo Build Tech 2024 (dokpri)

Tahun 2024 menandai usia Tatalogam yang ke-30 tahun. Dengan berbagai display yang ditampilkan di Indo Build Tech 2024, saya berharap semoga ke depannya Tatalogam terus berinovasi dalam memproduksi bahan bangunan berkualitas untuk masyarakat Indonesia. 

Comments